top of page
Search
  • Writer's pictureButski Butong

TIPS MEMBELI RUMAH BEKAS PAKAI


Mau membeli rumah bekas pakai? jangan terburu-buru! Dalam membeli rumah bekas pakai jangan terbuai oleh iklan atau tampilan luar saja. Sebaiknya ajak arsitek atau teman yang mengerti tentang bangunan. Berikut ini adalah langkah-langkah yang seharusnya di ambil sebelum memutuskan untuk membeli rumah.



Langkah pertama adalah cek bangunan, dari umur bangunan sampai kualitas dari bahan bangunannya. Untuk mengetahui sebanyak apa renovasi yang diperlukan. Langkah kedua adalah periksa sumber air, rumah tinggal tanpa sumber air yang baik akan membuat hunian menjadi tidak nyaman untuk ditinggali. Sumber air harus mempunyai jarak yang ideal dengan septi tank yakni 10 meter persegi. Langkah selanjutnya adalah ventilasi atau sirkulasi udara di rumah tersebut, rumah dengan tingkat kelembaban tinggi akan mengakibatkan rumah banyak rayap dan jamur yang menghasilkan bau tidak sedap. Langkah ke empat kapasitas daya listrik jangan sampai terlewat, karena begitu ditinggali daya listrik yang kurang akan mengganggu.



Setelah periksa kondisi fisik bangunan selanjutnya adalah periksa ligelitas dari rumah tersebut, seperti akta jual beli, setifikat hak milik dan ijin membangun bangunan. Jangan lupa memastikan tidak ada sengketa ahli waris. Langkah selanjutnya adalah survey harga di daerah sekitarnya.


0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page